Basmi Rayap Secara Alami Di Lahan Pertanian

jasa basmi rayap paling murah di jakarta

Basmi rayap di sektor pertanian juga sangat dibutuhkan, karena rayap dianggap sebagai hama penting yang paling mengganggu pertumbuhan tanaman. Rayap dapat merusak seluruh barang yang berbahan kayu dan bambu, dan batang kayu bisa saja dijadikan tujuan rayap untuk di huni, baik itu tanaman pangan, holtikultura ataupun tanaman perkebunan.

Rayap biasanya akan menyerang batang, akar dan pelepah daun yang telah mati ataupun masih hidup, dan yang menjadi resiko paling besar terserang rayap adalah lahan gambut. Biasanya rayap akan menyerang pada akhir musim hujan atau saat musim kemarau panjang. Gejala awal munculnya rayap adalah tanaman yang layu dan akan mati karena nutrisi dalam sistem vaskular tanaman terganggu akibat gerakan pada akar tunggang, batang dan cabang. Untuk mencegah kerusakan yang lebih parah, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk basmi rayap tersebut antara lain adalah,

– pengolahan tanah

Pengolahan tanah dengan cara membajak atau mencangkul tanah dapat menghancurkan sarang sarang rayap yang tersembunyi di bawah tanah, lalu rayap akan keluar saat rumah mereka hancur. Saat rayap keluar dari sarang, maka burung atau semut dapat membantu untuk membasmi rayap dengan memangsa rayap.

– pestisida alami

Disebut pestisida alami karena terbuat dari ekstrak daun pepaya dan daun mimba yang dapat mengendalikan rayap tanpa mencemari lingkungan. Cukup menyemprotkan pestisida alami tersebut pada tanaman atau dimana hama rayap berada.

– menggunakan jamur patogen

Jamur patogen dapat digunakan sebagai pengendali alami rayap, hanya dengan menyemprotkan pada lahan pertanian yang perlahan akan membuat rayap mati.

– fumigasi

Fumigasi menggunakan aluminium fosfida 2-3 Tablet persarang juga dapat membasmi rayap. Untuk melakukan fumigasi dibutuhkan lubang menggunakan besi bulat berdiameter 3 cm yang salah satu bagian ujungnya dibuat runcing. Masukkan tablet ke dalam sarang utama kemudian ditutup dengan tanah.

Hama rayap dapat merusak tanaman, baik secara langsung ataupun tidak langsung yang tentunya akan sangat merugikan bagi para petani. Basmi rayap sedari dini akan mencegah terjadinya kerusakan lebih banyak lagi.

About the Author: editor