Mengupas keindahan alam tersembunyi dari Pulau Kanuingan

Mengupas keindahan alam tersembunyi dari Pulau Kanuingan

Berau ialah salah satu kabupaten di Kalimantan Timur yang dianugerahi keindahan alam layaknya surga. Tidak hanya Pulau Derawan, Berau memiliki destinasi wisata indah yang sayang untuk dilewatkan. Nah salah satunya ada Pulau Kaniungan. Pulau ini letaknya berada di Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau Kaniungan sendiri terbagi menjadi dua pulau, yaitu Kaniungan Besar dan Kanuingan Kecil. Letaknya yang jauh dari perkotaan membuat pulau ini masih jarang dikunjungi wisatawan sehingga  keasriaannya masih tetap terjaga. Selain itu, di tempat ini kita tidak bisa menemukan sinyal hp. Pulau Kanuingan dulunya perah menjadi tempat perlindungan para laut yang ingin mendarat. Hal tersebut dibuktikan dengan komplek kuburan yang berada di tengah-tengah pulau. Sayangnya, kondisinya memprihatinkan karena kurangnya perawatan.

READ  Kuliner Khas Bali Yang Wajib Kamu Cicipi

Pulau Kanuingan memiliki luas yang hampir mirip dengan Pulau Derawan. Tak heran jika keindahannya pun hampir sama. Pulau Kanuingan memiliki hamparan pasir putih yang begitu halus sehingga menjadi tempat favorit para photographer dalam mengambil gambar. Air lautnya juga sangat jernih sampai-sampai terumbu karang saja bisa dilihat dengan mata telanjang. Nah keindahan bawah laut Pulau Kanuingan juga tak kalah indah dari pulai lainnya lho! Kamu bisa mencoba aktivitas snorkeling dan  melihat keindahan biota laut seperti terumbu karang warna-warni, koral, ikan-ikan kecil, lumba-lumba, dan paus kecil. Selain snorkeling, kamu bisa mencoba aktivitas seru lainnya seperti duduk santai di pinggir pantai, berfoto ria, dan bermain kano. Pantai disini tidak kalah cantik dengan pantai unik gunung kidul.

READ  Museum Penghianatan PKI Yang Paling Bersejarah

Pulau Kanuingan sebenarnya merupakan pulau berpenghuni yang sebagian besar penduduknya bermata pencarian sebagai nelayan dan beberapa ada yang bekerja dalam memproduksi minyak goreng yang berbahan dasar kelapa. Tak heran ketika sampai di Pulau Kanuingan kamu akan langsung disambut dengan kehadiran pohon-pohon kelapa. Rata-rata wisatawan yang berkunjung kesini merupakan pengantin baru yang ingin menghabiskan masa Honey Moon.

Untuk bisa sampai di lokasi wisata, kamu harus menempuh perjalanan darat sekitar 5 hingga 6 jam perjalanan dari Kabupaten Berau menuju Kecamatan Biduk-biduk. Rasa lelah perjalanan akan segera terbayarkan dengan nuansa keindahan alam Kecamatan Biduk-biduk. Jangan kaget apabila kamu melihat banyak hewan ternak berkeliaran disini sebab para masyarakat memang sengaja melepaskannya. Nah dari dermaga Teluk Sulaiman yang berada di  Kecamatan Biduk-biduk ini, perjalanan dilanjutkan dengan menaiki kapal yang warga setempat sewakan seharga Rp400.000-Rp500.000/7 orang. Kapal tersebut yang nantinya akan langsung membawamu menuju Pulau Kanuingan. Perjalanan jalur air tersebut hanya ditempuh selama 15 menit saja. Deretan pohon kelapa dan hamparan pasir putih pun akan langsung menyambutmu ketika sampai di Pulau Kanuingan.

READ  Museum Penghianatan PKI Yang Paling Bersejarah

Bagaimana? Tertarik berkunjung ke destinasi wisata Pulau Kanuingan? Jika tertarik, yuk segera atur jadwal berliburmu untuk berkunjung kesini! Selamat berlibur…..

You might like

About the Author: editor