Kuliner Khas Bali Yang Wajib Kamu Cicipi

Kuliner Khas Bali Yang Wajib Kamu Cicipi

Setelah puas menjelajahi wisata alam di Bali, tak ada salahnya jika kamu juga menjelajahi kuliner yang ada di Pulau Dewata. Banyak makanan khas Bali yang memiliki rasa enak dan juga bergizi yang patut kamu coba. Bumbu bumbu yang digunakan membuat makanan Bali memiliki cita rasa yang membuat siapa saja ingin terus mencobanya.

 

Berikut ini adalah kuliner khas Bali yang wajib kamu coba jika berkunjung ke Bali,

Lawar Kuwir

Lawar adalah campuran sayu sayuran yang di campur dengan daging cincang dan dimasak menggunakan bumbu khas Bali. Umumnya, kuliner khas Bali diolah menggunakan campuran daging babi, namun ada juga alternatif daging lain yaitu bebek entog yang tak kalah enak dan aman untuk dinikmati siapa saja.

READ  Mengupas keindahan alam tersembunyi dari Pulau Kanuingan

Cincangan daging entog dicampur dengan potongan kacang panjang dan parutan kelapa dan dilumuri dengan bumbu Bali. Kuliner ini lezat jika disantap dengan nasi putihhangat dan sate lilit, kacang tanah, suwiran ayam betutu dan tak lupa semangkok jukut ares.

Ayam Betutu

Ayam betutu sudah tak asing lagi di telinga, karena ayam betutu sudah menjadi ikon makanan khas Bali. Untuk pecinta makanan pedas, maka kamu harus mencoba makanan ini karena kamu akan terlena dengan betutu yang berlimpah rempah dan sensasi pedas yang dijamin bikin ketagihan.

Racikan bumbu khas Bali dimasukkan ke dalam perut ayam kampung, lalu dibungkus daun pisang dan di panggang menggunakan bara api sekam dengan waktu 24 jam untuk mendapatkan rasa yang gurih, lembut dan pedas.

READ  Mengupas keindahan alam tersembunyi dari Pulau Kanuingan

Sate Lilit

Jika pada umumnya sate di tusuk, sate yang satu ini berbeda karena dengan cara di lilit. Daging yang sudah dicincang halus dan di beri bumbu lalu dililitkan, adalah cara mengolah sate lilit. Rasa sate lilit dijamin empuk, gurih dan lezat, dan akan lebih nikmat jika menggunakan batang daun serai.

Nasi Jinggo

Nasi jinggo adalah pilihan kuliner khas Bali yang murah meriah, dengan kemasan yang dibungkus daun pisang dan sambal yang super pedas. Nasi jinggo berisi sekepal nasi putih dengan lauk berupa suwiran daging ayam, mi goreng dan tempe goreng.

Nasi Campur Ayam Bali

Nasi campur ayam Bali berisikan sate lilit, suwiran ayam sisit bumbu basa genep Bali, urab, dan lawar ayam yang disajikan bersama nasi hangat. Jadi dalam kuliner ini kamu dapat menikmati beberapa jenis makanan khas Bali dalam satu kali santap. Jangan lupa sambal matah dan sambal embe khas Bali yang akan membuatmu enggan berhenti menikmatinya.

READ  Mengupas keindahan alam tersembunyi dari Pulau Kanuingan

Sate Plecing

Sate plecing di buat dari kombinasi daging ayam dan ikan laut, yang tak terlupakan adalah ciri khasnya yang memiliki bumbu pedas dan segar dari campuran perasan jeruk limau.

Melihat banyaknya kuliner yang ada di Bali, sepertinya kamu harus menambah waktu liburanmu. Selamat mencoba!

You might like

About the Author: editor